Pengaruh Metode Bimbingan Coaching dan Motivasi Terhadap Kompetensi Rawat Luka

  • Dwining Handayani UNEJ
  • Nurul Huda
  • Bagus Dwi Cahyono
Keywords: coching, demonstrasi, motivasi, kompetensi, rawat luka

Abstract

Komponen utama dalam pembelajaran terutama di laboratorium adalah penggunaan bimbingan oleh para fasilitator klinis mengenai suatu keterampilan. Selama ini ketrampilan yang dilakukan mahasiswa Akademi keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan yang hasilnya kurang memuaskan adalah kompetensi rawat luka, sedangkan metode yang digunakan adalah demonstrasi.Secara teori metode coching dapat digunakan sebagai salah satu teknik dalam proses pembelajaran di laboratorium dalam meningkatkan kompetensi. Motivasi juga merupakan factor yang kuat dalam meningkatkan minat, kemauan, dan antusiasme dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bimbingan pelatihan dan motivasi kompetensi perawatan luka di Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan.

Desain penelitian  yaitu studi eksperimental dengan menggunakan Randomized Controlled Trial (RCT). Sampel sebanyak 86 mahasiswa dipilih dengan teknik sampling lengkap. Metode demonstrasi digunakan untuk perbandingan. Data dikumpulkan dengan observasi dan kuesioner standard. Data dianalisis dengan model regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan metode bimbingan yang signifikan (b = 5,09, p = 0,009) dan motivasi (b =0,33, p = 0,06) dari kompetensi rawat luka untuk mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan dan secara tatistik hyasilnya signifikan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan metode bimbingan coching untuk meningkatkan kompetensi mahasiawa lebih efektif dibandingkan dengan metode demonstrasi. Disarankan untuk semua dosen menggunakan metode pembelajaran, bimbingan coching untuk pembelajaran praktikum di laboratorium.

References

Anglin, G.J. 1995. Instructional Technology : Past, Present ang Future. 2nd Ed. Englewood: Libraries Unlimited.

Arikunto S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Ashman,A.F., Conwey, R.N.F. 1989. Cognitive Strategies for Special Education. New York : Routledge.

Carol T, Lillis C, Pricilla Le Mone. 1991. Fundamental Of Nursing, The Art And Science Of Nursing Care. Philadelphia : JB. Lippincott Company.

Croffoot C, Krust Bray K, Black MA, Koerber A. 2010. Evaluating the effects of coaching to improve motivational interviewing skills of dental hygiene students. Kansas City, USA : University of Missouri

Depkes. 2014. Kurikulum Nasional Pendidikan Diploma III Keperawatan di Indonesia (APDIKI). Jakarta : Depkes RI.

Dryden, G. Jeanete,V. 2001. Revolusi Cara Belajar. Bandung : Penerbit Kaifa.

Dudley HAF, Eckersley JRT, Paterson Brown S. 2000. Pedoman tindakan medik dan Bedah. Jakarta : EGC.

Griffin B, Harding DW, Wilson IG, Youmans. 2008. Does practice make perfect? The effect of coaching and retesting on selection tests used for admission to an Australian medical school. Australia : University of Western Sydney.

Salim, Gendro, 2015, Effective Coaching, Jakarta: Gramedia Digital

Jacobs, G.M., Lee, G.S dan Ball, J. 1996. Learning Cooperative Learning Via Cooperative Learning. Singapura : SEAMEO Regional Language Centre Singapura.

Kaplan NE, Hentz VR, 1992. Emergency management of skin and soft tissue wound, illustrated guide, Boston USA : Little Brown.

Muhibbinsyah. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murti B. 2010. Desain dan Ukuran Sampel untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang Kesehatan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Reilly and Oermann. 1999. Clinical Teaching in Nursing Education. second edition: Boston.

Russeler J, Brett A, Klaue U, Sailer M. 2008. The effect of coaching on the simulated malingering of memory impairment. Germany. Journal of Departemen of Psychology II, Neuropsichology Unit, University Magdeburg.

Sardiman, AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : C.V. Rajawali.

Satrianegara, M. Fais dan Saleha Sitti. 2009. Organisasi dan Managemen Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.

Slavin,R.E. 1994. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston : Allyn and Bacon.

Wardiyati A. 2006. Hubungan Antara Motivasi Dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

WHO. 2003. Pelatihan Keterampilan Manajerial SPMK. Jakarta: WHO

Yaumi M. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Makasar. UIN Allaudin Makasar.

Published
2019-12-31