Literature Review Pengaruh Senam Yoga Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia

  • Ruhayana ruhayana STIKes Kepanjen Malang
  • Nia Agustiningsih
  • Tri Nurhudi Sasono
Keywords: Hipertensi, Senam yoga, Tekanan darah

Abstract

Hipertensi merupakan suatu peningkatan tekanan darah diatas normal ditandai dengan meningkatnya kontraksi pembuluh darah arteri sehingga terjadi resistensi aliran darah yang meningkatkan tekanan darah terhadap dinding pembuluh darah. Salah satu penyebab potensial darah tinggi adalah stress. Senam yoga merupakan salah satu alternatif untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara meditasi, karena meditasi dapat melepaskan stres dan menenangkan pikiran. Satu jam duduk, menutup mata, fokus pada napas dan mengosongkan pikiran maka dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah melakukan analisis literature review, yaitu sebuah pencarian literature baik nasional maupun internasional yang diperoleh dari google schoolar dan crossref yang dibatasi 8 tahun terakhir, dari tahun 2013-2020 dan hanya 7 jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi. Data yang diperoleh, disusun secara sistematis serta dibahas. Hasil menunjukkan bahwa senam yoga sangat berpengaruh dan efisien dalam penurunan tekanan darah tinggi. Yoga memiliki efek relaksasi yang dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lancar. Latihan yoga dilakukan selama seminggu 3x (30 menit) secara teratur dapat menunjukkan hasil yang optimal. Latihan yoga juga dapat menyeimbangkan sistem saraf otonom, sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

References

Azizah (2013). Keperawatan Lanjut Usia. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Bandi Hari Krisna, Pravati Pal. (2014). Journal Of clinical and Diagnostic Research, Jan, vol 8(1):14-16.

Dhanunjaya, et, all. (2013). Pengaruh Senam Yoga Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia yang Mengalami Hipertensi.

Hidayah Ike. (2017). Pengaruh senam Yoga Terhadap Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi di Puskesmas Walantaka

Netty Herawati. (2014). Pengaruh Senam Yoga Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia di Kelurahan kampung Jawa Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Paku KTA Selok.

Oktavi Devi. (2019). Pengaruh Senam Yoga Savasana Terhadap Tekanan Darah Pada Klien Hipertensi

Pudiastuti. (2018). Hubungan Stres Dengan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi Di Gamping Sleman Yogyakarta.

Rina Puspita Sari. (2017). Yoga Sehari-hari. Jakarta Pustaka Bunda.

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI

Shanta Kumari N. (2013). Pengaruh Senam Yoga Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia di Kelurahan kampung Jawa Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Paku KTA Selok.

Shindu. (2014). Pengaruh Senam Yoga Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi di Rumah Bahagia Kawal Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintang Provinsi KEPRI.

Windo Wiria Dinata. (2015). Jurnal Olaraga Prestasi. Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Melalui Senam Yoga, Volume 11. Nomor 2.

Published
2021-06-16