Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Perilaku Kecemasan Anak Usia Prasekolah Pada Saat Hospitalisasi Di Ruang Sandat Rumah Sakit TK. II Udayana

  • Ni Wayan Yustiari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
  • Ni Made Ari Sukmandari
  • Ni Komang Purwaningsih
Keywords: Komunikasi Terapeutik, Perilaku Kecemasan

Abstract

Perawatan anak prasekolah di rumah sakit merupakan pengalaman yang penuh dengan stress bagi anak. Respon anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi seringkali merasa cemas, menangis karena kepergian orang tua mereka, sering bertanya tentang dirinya, tidak kooperatif terhadap petugas kesehatan yang sedang memberikan tindakan keperawatan, wajah menjadi kemerahan serta memberontak. Perawat sangat berperan dalam mengurangi kecemasan akibat hospitalisasi dan mempunyai strategi untuk menghadapi anak yang sedang dirawat di rumah sakit. Salah satu cara adalah dengan melakukan komunikasi terapeutik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap perilaku kecemasan anak usia prasekolah pada saat prosedur nebulizer.

Penelitian ini merupakan penelitian analisis observasional dengan rancangan penelitian yang digunakan cross-sectional dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi sedangkan analisisnya menggunakan uji korelasi Sperman Rank.

Dari hasil penelitian didapatkan 14 responden (43,0%) menyatakan komunikasi terapeutik perawat dalam kategori cukup. Perilaku kecemasan anak usia prasekolah pada saat hospitalisasi sebagian besar yaitu 21 responden (65,6%) mengalami kecemasan kategori sedang dan pada hasil uji Sperman Rank dipadatkan p value = 0,001 (p< 0,05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap perilaku kecemasan anak usia prasekolah pada saat prosedur nebulizer di Ruang Sandat Rumah Sakit Tk. II Udayana. Oleh sebab itu, disarankan kepada perawat dan staf medis lainnya untuk melaksanakan komunikasi terapeutik saat melakukan tindakan medis maupun keperawatan.

References

Amallia, A., & Oktaria, D. (2018). Pengaruh Terapi Bermain terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah selama Masa Hospitalisasi The Effect of Therapeutic Play toward Preschool Anxiety During Hospitalization. 7(18), 219–225.

Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi dengan Penerapan Terapi Bermain. Jurnal Konseling Indonesia, 3, 9–12.

Siswanti, H. (2017a). Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Pra Sekolah. 8(2), 84–88.

Siswanti, H. (2017b). Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Pra Sekolah yang Dirawat Di Rsi Sultan Hadirin Kabupaten Jepara Tahun 2017. jurnal keperawatan, 8, 84–88.

Supartini, Y. (2014). Buku Ajar Konsep dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Published
2021-12-30