MODEL COACHING GROW UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DIRUMAH SAKIT SULTAN AGUNG SEMARANG

  • POLTEKKES KEMENKES PALANGKARAYA JURUSAN KEPERAWATAN

Abstract

Latar Belakang : Masalah kinerja perawat pada dasarnya menangani dua hal, yaitu bagaimana memperbaiki dan meningkatkan kinerja perawat. Kemampuan melakukan bimbingan merupakan bagian dari tugas seorang manajer dalam melaksanakan fungsi manajemen, yaitu fungsi pengarahan. ModelcoachingGROW diharapkan merupakan cara yang efektif untuk menangani dua hal tersebut yaitu memperbaiki kinerja yang bermasalah, dan mendorong untuk meningkatkan kinerja yang lebihbaik.

Metoda Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian“ pra experiment“ dengan metode pendekatan before and afterstudy.  Sampel dalam penelitian ini adalah perawat pelaksana yang berjumlah 123 orang di ruang rawat inap. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode analisa yang dilakukan adalah Paired Samples T-Test.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan rerata skor kinerja perawat pelaksana sebelum diberikan intervensi sebesar 285,7 dansetelah diberikan intervensi sebesar 307,7 sehingga terjadi peningkatan skor rerata kinerja perawat yaitu sebesar 23,8. Hasil uji Paired t-test didapatkan ada perbedaan yang bermakna rerata skor kinerja perawat pelaksana before dan after intervensi dengan nilai p value sebesar 0,00. Hasil  korelasi analisa menunjukkan bahwa ada hubungan model coaching GROW terhadap peningkatan kinerja perawat (r = 0,510).

Simpulan :Model coaching GROWdapat meningkatkan kinerja perawat pelaksana di Rumah Sakit secara signifikan.

Saran :Perlu penelitian tentang analisa faktor – faktor lainnya selain yang dapat meningkatkan kinerja perawat pelaksana.

 

Kata Kunci     : Model Coaching GROW, Kinerja, Perawat Pelaksana

References

Bertha, T.S. Pengaruh penerapan panduan coaching kepala ruangan terhadap kemampuan berfikir kritis dan pengambilan keputusan perawat primer dalam proses keperawatan di ruang inap PKSC. Diakses bulan Desember 2013.

Ilyas, Y. Kinerja teori, penilaian dan penelitian. Cetakan ketiga. Jakarta : Pustaka kajian ekonomi kesehatan. 2002

Mangkunegara, A.P. Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2009

Minor. Coaching for development : Skill for managers and team. USA : Course PTR. 2003

Palimirna. Coaching metode bimbingan yang efektif. 2009. Diakses pada tanggal 6 Januari 2014 / journal

Sunaryo. Psikologi untuk keperawatan. Jakarta : EGC. 2004

Kaswan. Coaching dan Mentoring. Bandung : Penerbit Alfabeta. 2012

Wibowo. Manajemen kinerja cetakan pertama. Jakarta : PT. Raja Gafindo. 2007

Published
2016-04-15