literature review Kepatuhan Minum Obat Dapat Mengontrol Tekanan DarahTinggi Pada Penderita Hipertensi

Kepatuhan Minum Obat Dapat Mengontrol Tekanan DarahTinggi Pada Penderita Hipertensi

  • Indawati Indawati Indawati STIKes Kepanjen
Keywords: Hipertensi, kepatuhan minum obat, tingkat kepatuhan

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian terbesar di Indonesia, dengan gejala yang umum seperti pusing, penglihatan buram, mual, telinga berdengung, detak jantung tidak teratur. Salah satu intervensi yang bisa dilakukan adalah dengan minum obat yang teratur dengan tujuan untuk mengontrol tekanan darah yang tentunya berpengaruh terhadap kepatuhan pasien. Tujuan dari penulisan literatur ini adalah melakukan analisis literature review terhadap kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi. Metode literature review dilakukan melalui analisis artikel baik Nasional maupun Internasional yang didapatkan dari gogle schoolar dan crossref. Artikel yang digunakan adalah artikel terbitan tahun 2016-2020 dengan jumlah 8 artikel yang sesuai kriteria inklusi. Data yang diperoleh ditelaah dan disusun secara sistematis serta dibahas. Hasil menunjukkan bahwa rendahnya kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi sangatlah berpengaruh terhadap tekanan darah pasien, karena semakin patuh maka tekanan darah akan terkontrol dengan baik.

References

Ariyani, H. Hartanto, D. & Lestari, A. (2018). Kepatuhan Pasien hipertensi setelah pemberian PIIL card di Rs X Banjarmasin. Journal of Current Pharmacentical Sciense. 2, 81-88
Alminah, R.T. Zulhaida, L. Syarifah , (2018). Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Dukungan Keluarga Terhadap Diet Hipertensi di Desa Kecamatan Pancur Batu Tahun 2016. Jurnal Kesehatan. Vol 11 No.1
Azri Hazwa, Gde Ngurah Idraguna Pinatih, (2017). Gambaran karakteristik penderita hipertensi dan tingkat kepatuhan minum obat di wilayah kerjanpuskesmas Kinatamani 1. Intisari Sains Medis. Vol 8, No. 2:130-134.
Baiq leny nopitasari, Wirawan adikusuma, Nurul qiyaam, Ayu fatmala, (2018). Pengaruh kepatuhan dan ketepatan waktu minum obat terhadap tekanan darah pasien hipertensi primer. Jurnal Ulul Albab. Vol 23, No. 2:28-32.
Deni setiawan, (2020). Hubungan kepatuhan minum obat terhadap kualitas hidup pasien hipertensi. Jurnal Darul Azhar. Vol 8, No.1.
Dewi, Kartika, S. (2017). Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: LPPMP Universitas Diponegoro, 107.
Exa puspita, Eka oktaviarini, Yunita dyah puspita santik, (2017). Peran keluarga dan petugas kesehatan dalam kepatuhan pengobatan penderita hipertensi di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masy Indonesia. Vol 12, No.2.
Felix Harianto, (2013).Tingkat kepatuhan pasien hipertensi terhadap edukasi penatalaksanaan hipertensi oleh petugas kesehatan ouskesmas Abang 1, Kabupaten Karangasem Bali Periode Januari-Desember 2013. Vol 6, No.1.
Galih ali Pramana, Ragil setia dianingati, Novita eka saputri, (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan minum obat pasien hipertensi peserta prolanis di Puskesmas Pringapus Kabupaten Semarang. Indonesia Journal of Pharmacy and Natural Product. Vol 2, No. 1.
Jujuk Proboningsing, Hj. Masamah Almahmudah. (2019). Gambaran kepatuhan diet dan minum obat pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Pacar Keling Surabaya.
Kristianti, Putri, 2015, Efektifitas dan Efek Samping Penggunaan Obat Antihipertensi pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Kalirungkut Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4:2 9
Noverda Ayuchecaria , Siti Nor Khairah, Rina Feteriyani (2018). Tingkat kepatuhan minum obat pasien hipertensi di Puskesmas Pekauman Banjarmasin. Jurnal Insan Farmasi Indonesia.
PERKI, (2015). Pedoman tatalaksana hipertensi pada penyakit kardiovascular. Edisi 1. Perhimpunan dokter Spesialis Kardiovascular Indonesia. Jakarta.


Putu Kenny Rani Evadewi & Luh Made Karisma Sukmayanti S, (2013). Kepatuhan Mengonsumsi obat pasien hipertensi di Denpasar ditinjau dari kepribadian tipe A dan tipe B. Jurnal Psikologi Udayana. Vol 1, No.1 : 32-42.
Puspita E, Oktaviarini E, Santik Y.D.P. (2017). Peran keluarga dan petugas kesehatan dalam kepatuhan pengobatan penderita hipertensi di Puskesmas Gunungpati kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia. Vol 12, No.2, ISSN 1693-3443. Univesitas Negri Semarang:Semarang
Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar Provinsi Jawa Timur. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Violita, F. (2015). Faktor yang berhubungan dengan kapatuhan minum obat hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Segeri. Makasar:Universitas Hasanudin.
WHO 2013. A Global Brief on Hypentension
Published
2020-12-10