Shift Kerja Mempengruhi Motivasi Perawat Di Ruang IGD Dan ICU RSUD Ratu Zalecha Martapura

  • Marezky Alwani Poltekkes Banjarmasin
  • Mahdalena Mahdalena
  • syamsul firdaus
Keywords: Perawat, Motivasi, Shift kerja

Abstract

Shift kerja suatu pengaturan jam kerja di rumah sakit yang berperan penting penting terhadap permasalah pada manusia yang dapat meluas menjadi gangguan tidur, kesehatan fisik, psikologi, serta sosial maupun kehidupan keluarga, dalam jangka waktu yang lama Shift kerja dapat mengakibatkan turunnya motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Shift kerja terhadap motivasi perawat di ruang IGD dan ICU RSUD Ratu Zalecha Martapura. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif non-eksperimental, dengan populasi sebanyak 40 perawat dan menggunakan teknik total sampling. Data dianalisa dengan uji regresi logistik sederhana dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Shift kerja terhadap motivasi perawat di ruang IGD dan ICU RSUD Ratu Zalecha Martapura dengan nilai p-value 0,040 untuk Shift kerja. Bagi perawat pelaksana khususnya ruang IGD dan ICU diharapkan untuk mempertahankan komunikasi dan sikap yang baik dengan atasan maupun rekan kerja sehingga mampu menciptakan suasana yang nyaman, mengurangi stressor dan kebosanan dalam bekerja serta menjadikan Shift kerja sebagai motivasi dalam bekerja.

References

Donsu, J. D. T. 2017. Psikologi Keperawatan Aspek-Aspek Psikologi|Konsep Dasar Psikologi Teori Perilaku Manusia. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Maurits, L. S dan Imam D. W. 2008. Faktor dan Penjadualan Shift Kerja. Teknoin 13 (2): 11-22. Di akses dalam Jurnal https://journal.uii.ac.id/jurnal- teknoin/article/view/792 pada 20 November 2018 pukul 14.00.

Saam, Zulfan dan Sri Wahyuni. 2014. Psikologi Keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Satrio, Pramanos. 2015. Pengaruh Shift Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pramuniaga di PT Circleka Indonesia Utama Cabang Yogyakarta. Di akses dalam Skripsi https://eprints.uny.ac.id/23035/ pada 10 Januari 2019 pukul 20.00 wita

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarto, Iskandar dkk. 2016. Perbedaan Stress Kerja Di Tinjau Dari Shift Pagi Siang dan Malam Pada Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Di akses dalam jurnal http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIMKESMAS/article/view/1319 pada 10 Januari 2019 pukul 20.00 wita

Published
2020-06-30