literature riview jurnal Efektivitas Metode Kompres Hangat Pada Penderita Reumatoid Atritis Dengan Nyeri Akut Pada Lansia

Efektivitas Metode Kompres Hangat Pada Penderita Reumatoid Atritis Dengan Nyeri Akut Pada Lansia

  • Ila rosalina Ila rosalina Ila rosalina STIKes Kepanjen
Keywords: Kompres, Nyeri, Reumatoid arthritis

Abstract

Rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh keliru menyerang bagian sendi. Terdapat beberapa faktor yang berkaitan dengan kejadian reomatoid a  rthritis antara lain faktor ginetik, lingkungan, hormon, imunologi, dan faktor-faktor infeksi. Tujuan literatur review ini untuk mengetahui “Efektivitas Metode Kompres Hangat Pada Penderita Reumatoid Atritis Dengan Nyeri Akut Pada Lansia”. Dalam penulisan artikel ini menggunakan metode literatur review, yaitu sebuah pencarian literatur baik nasional maupun internasional yang diperoleh dari Google Scholar dan  Crossref. Pada tahap awal pencarian jurnal diperoleh 5 artikel jurnal dengan perbatasan waktu yaitu sejak tahun 2016 sampai 2020 yang menggunakan kata kunci : “Reumatoid Arthritis”, “Nyeri Akut”, Terapi : “Kompres hangat” dan “Lansia”. Hasil menunjukkan bahwa 4 atikel dengan menggunakan terapi kompres hangat, baik kompres hangat  serai maupun jahe sangat membantu menurunkan intensitas nyeri pada lansia yang menderita reumatoid arthritis. Penggunaan panas mempunyai keuntungan meningkatkan aliran darah ke suatau area dan memungkinkan dapat menurunkan nyeri, panas dan lembab dapat menghilangkan kekakuan akibat artritis. Metode kompres hangat ini sangat efektif bagi penderita reumatoid arthritis karena dapat meningkatkan aliran darah kesuatu area  dan menghilangkan kekakuan pada sendi.

References

Referensi

Andriani, M. (2016). Pengauh Kompres Serai Hangat Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Artritis Reumatoid Pada Usia Lanjut. Jurnal Imtek Terapan , Sumatra Barat.
Damanik, D. N. (2019). Pengaruh Kompres hangat Terhadap Intensitas Nyeri Paada lansia Yang Mengalami reumatoid artritis Di desa Kotasan Kecamatan Galang. Jurnal kesehatan Ilmiah Indonesia , Medan.
EMudjaddid, M. P. (2017). Hubungan Derajat Aktifitas Penyakit Dengan Despresi Pada Pasien Artritis Reumatoid. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 4.
Eva Latifah Nurhayati, M. (2018). Pengaruh pemberian Bromelain Nanans Terhadap Penurunan Inflamasi pada Lansia Penderita Rheumatod Artritis Di Panti Jompo yayasan Guna Bukti Bakti Medan 2018. Jurnal Maternitas Kebidanan , Medan Barat.
Fauzi, A. (2019). Rheumatoid Arthritis . JK Unila, Brodjonegoro.
Mujib Hannan, E. S. ( 2018). Pengaruh Terapi Kompres Hangat Terhadap Penurunan Nyeri Sendi Osteoartritis Pada Lansia Di Posyandu Puskesmas Pandian Sumenep. Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika , 10.
Ni Kadek dwi Mas Pujastuti, I. M. (2018). Perbedaan Kompres Hangat Jahe dan Back massag terhadap penurunan skala nyeri ekstermitas bawah pada lansia dengan Rheumatoid Arthritis . Community of Publishing in Nursing(COPING), Denpasar .
Nurfatimah, A. K. (2019). Penenrapan Teknik Kompres Hangat jahe Terhadap Pengendalian Level Nyeri Dengan Kasus Rheumatoid Artritis . Jurnal Kesehatan, Ternate Maluku Utara.
Octa, A. R. (2020). Implementasi Evidence Based Nursing Pada Pasien Rematik. Real in Nursing Jurnal (RNJ), 7.
Resmi Pangaribuan, N. O. (2020). Sebam Lansia Pada Reumatoid artritis Dengan Nyeri Lutut Di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia . Indonesia Trust Health Journal, Medan.
Riana yuliana, D. D. (2016). Pengaruh Kompres Air Hangat Dan Kompres Air Hangat Jahe Terhadap Nyeri Artritis Reumatoid. Tanjung Pinang .
Sidik, A. B. (2018). Pengalaman Lansia Dalam Mengatasi Nyeri Arthritis Rheumatoid Di Panti Sosial Tresna Werdha Sumatra Selatan Tahun 2017. Jurnal Aisyiyah Medika, Sumatra Selatan .
Siti Netti Ritonga, H. A. (2019). Penggunaan Obat Antiinflamasi Pada PenyakitRheumatoid Artritis Pada Pasien Rawat Jalan Di RSUD Kota Pinang. Jurnnal Dunia Farmasi, Labuhanbatu Selatan.
Syapitri, H. (2018). Kompres Jahe Berkasiat Dalam Menurunkan Internsitas Nyeri Pada penderita Reumatoid Artritis . Jurnal Mutiara Ners, Medan.
Noor. 2016. Buku Ajaran Gangguan Muskulokelatal Edisi 2. Jakarta : Selemba Medika
Published
2020-12-20