Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Audio Visual dan Media Leaflet terhadap Sikap Merespon Keluarga dalam Mencegah Penularan TBC di Puskesmas Sungai Jingah Banjarmasin

  • Siti Hapsah Universitas Muhamadyah Banjarmasin
  • Suroto Suroto Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
Keywords: Health Education, Media, Audio Visual,, Leaflets, Responding Attitudes, Tuberculosis

Abstract

Abstrak

 

Tuberkulosis saat ini masih menjadi masalah kesehatan global di Indonesia dan juga di dunia. Jutaan orang meninggal dan tertular penyakit ini setiap tahunnya yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan sikap keluarga dalam mencegah penularan TBC dikarenakan kurangnya minat keluarga dalam memcari informasi dan memanfaatkan media pendidikan kesehatan yang telah disediakan. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu kegiatan yang dapat menambah pengetahuan dan merubah sikap seseorang, media yang digunakan dalam pendidikan kesehatan bisa menggunakan media audio visual dan media leaflet.Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan dengan media audio visual dan media leaflet terhadap sikap merespon keluarga dalam mencegah penularan TBC dengan menggunakan metode quasy eksprerimen dengan rancangan two group pre test and post test, sampel berjumlah 15 dalam masing masing kelompok. Hasil uji statistic menggunakan uji Z didapatkan nilai z 1,126 < 1,960 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara media audio visual dan media leaflet. Media audio visual dan media leaflet efektif terhadap sikap merespon keluarga namun tidak ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara media audio visual dan media leaflet. Faktor yang mempengaruhi sikap merespon seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh pendidikan kesehatan tapi juga dipengaruhi oleh faktor lain yaitu pendidikan terakhir dan usia seseorang.

References

Ali, Z. (2010). Dasar - Dasar Pendidikan Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media.
Andi, Prastowo. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Azwar, S. (2013). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Budiman & Riyanto. (2014). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan. (2018). Profil Kesehatan Kalimantan Selatan. Kalimantan Selatan.
Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. (2019). Profil Kesehatan Kabupaten Banjarmasin. Banjarmasin.
Notoatmodjo, S. (2011). Promosi Kesehatan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tresnawati. (2015). Tuberkulosis pada Lansia.
Universitas Andalans
Wawan & Dewi. (2010). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
World Health Organization. (2017). Global Tuberkulosis Repout. France WHO Press.
Yuwana. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Tuberkulosis Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Penderita Dalam Mencegah Penularan Tuberkulosis Di Puskesmas Simo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Published
2023-12-10