AROMA TERAPI CHAMOMILE MENURUNKAN SKALA NYERI PADA IBU YANG MENGALAMI LUKA EPISIOTOMI DI PRAKTIK MANDIRI BIDAN PONIRAH MARGOREJO METRO SELATAN KOTA METRO

  • Ratna Dewi Putri Program Studi DIV Kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung
  • Yuli Yantina Program Studi DIV Kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung
  • Suprihatin Suprihatin Program Studi DIV Kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung

Abstract

Episiotomi menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan yang berlangsung lama sehingga diperlukan suatu upaya untuk menurunkan intensitas nyeri tersebut. Salah satu upaya non farmakologi untuk menurunkan nyeri adalah dengan menggunakan aromaterapi chamomile. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian aroma terapi chamomile terhadap penurunan skala nyeri ibu yang mengalami luka episiotomi di BPM Ponirah Margorejo Metro Selatan Kota Metro tahun 2018.

Metode penelitian pre eksperimen menggunakan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Populasi adalah ibu postpartum di BPM Ponirah Margorejo Metro Selatan Kota Metro bulan Juni-Juli 2018. Sampel ditentukan dengan tehnik purposive sampling  yang berjumlah 30 ibu postpartum dengan luka episiotomi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi skala nyeri. Uji statistik yang digunakan adalah uji T Test.

Hasil penelitian distribusi skala nyeri pada ibu postpartum sebelum dilakukan aroma terapi chamomile dengan nilai rata-rata adalah 5,53 dan standar deviasi = 1,20.  Pengukuran pada hari pertama dengan nilai rata-rata adalah 5,07 dan standar deviasi = 1,05 dan pengukuran pada hari kedua dengan nilai rata-rata adalah 4,76 dan standar deviasi = 0,98. Terdapat pengaruh penggunaan aroma terapi chamomile terhadap penurunan skala nyeri ibu yang mengalami luka episiotomi dengan nilai p value = 0,000

Kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan aroma terapi chamomile terhadap penurunan skala nyeri ibu yang mengalami luka episiotomi di BPM Ponirah Margorejo Metro Selatan Tahun 2018, sehingga dapat disarankan agar para tenaga kesehatan khususnya bidan untuk menerapkan penggunaan aroma terapi chamomile sebagai alternatif penggunaan analgesic guna menurunkan nyeri.

Kata kunci       :Aroma terapi Chamomile, Nyeri Luka Episiotomi.

Published
2019-03-25