HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TENTANG BATASAN CAIRAN DENGAN PENINGKATAN IDWG PADA PASIEN GGK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA

  • Khairir Rizani Poltekkes Banjarmasin Jurusan Keperawatan
  • Evy Marlinda Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
  • Muhammad Suryani Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

Abstract

(a) Pendahuluan : Dukungan Keluarga pasien GGK merupakan terapi konseptual dimana akan terjadi hubungan interaksi  antara  pasein  dan  keluarga karena  pada  pasien  GGK  akan  mengalami  sejumlah  perubahan bagi hidupnnya sehingga menghilangkan semangat hidup pasien.  Interdialytic Weight Gain (IDWG) merupakan peningkatan volume cairan yang dimanifestasikan dengan peningkatan berat badan sebagai dasar untuk mengetahui jumlah cairan yang masuk selama periode interdialisis.

(b) Tujuan :  Penelitian bertujuan mengetahui hubungan antara dukungan keluarga tentang batasan cairan dengan peningkatan IDWG pada pasien gagal ginjal gronik yang menjalani Hemodialisis di RSUD Ratu Zalecha Martapura.

(c) Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasi dengan teknik Purposive Sampling

pada 47 responden yang menjalani hemodialisis dengan analisis uji Spearman Rank Correlation.

(d) Hasil : Sebagian besar responden (89.6%) dengan dukungan yang baik dan sebagian besar pasien (74.5%) mengalami peningkatan IDWG normal (<5%). Hasil uji Spearman Rank Correlation menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara dukungan keluarga tentang batasan cairan dengan peningkatan IDWG pada pasien GGK yang menjalani Hemodialisis di RSUD Ratu Zalecha Martapura dengan hasil p-value 0.770. (e) kesimpulan : tidak ada hubunugan antara dukungan keluarga tentang batasan cairan dengan peningkatan IDWG pada pasien GGK yang menjalani Hemodialisis di RSUD Ratu Zalecha Martapura.

 

Published
2019-06-21